Gunungsari Batu

don’t judge a book by its cover

PENGOLAHAN SUSU

Susu adalah cairan yang bernilai gizi tinggi, baik untuk manusia maupun hewan muda. Susu segar setelah diperah harus segera didinginkan ataupun diolah lebih lanjut untuk dapat dikonsumsi dengan aman. Penanganan susu biasanya dilakukan dengan pemanasan.

A.Susu Pasteurisasi
Pasteurisasi susu adalah pemanasan susu pada suhu sedang, biasanya dilakukan di bawah titik didih air. Keuntungan mengonsumsi susu pasteurisasi adalah bahwa kandungan susu tidak mengalami kerusakan yang berarti karena perlakuan panas sedang. Susu pasteurisasi harus segera disimpan pada suhu rendah (di dalam lemari pendingin). Penyimpanan susu pasteurisasi dalam lemari pendingin mempunyai batas waktu yang relatif singkat, yakni empat hari setelah proses pemanasan atau pasteurisasi.
Pasteurisasi yaitu proses pemanasan susu pada suhu 61–63oC selama 30 menit. Caranya, Dalam skala rumah tangga, secara sederhana pasteurisasi dapat dilakuka dengan steam (tim, ”bahasa jawa”), lalu diaduk secara terus-menerus untuk menghindari terbentuknya kepala susu/langit-langit.
Hindari pemanasan susu secara langsung di atas api hingga mendidih/meluap, tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen susu, terutama kerusakan laktosa dan timbulnya rasa gosong.

B.Dodol Susu
Dodol merupakan makanan setengah basah tradisional yang memiliki rasa manis dan gurih. Dodol susu mempunyai rasa yang umumnya disukai oleh konsumen dan tahan disimpan selama tiga minggu. Dodol susu dibuat dari campuran susu, gula dan tepung dengan perbandingan masing-masing 80%, 16% dan 4%.
Prosedur pembuatan dodol susu :
Alat dan Bahan
1.Susu segar 1 liter
2.Gula pasir 200-250 gram
3.Tepung beras 50 gram
4.Tepung ketan 25 gram
5.Esens/buah segar sesuai selera
6.Panci Teflon, pengaduk kayu, loyang plastik, timbangan kue, kompor dan wadah kemasan.

Cara membuat :

April 30, 2009 - Posted by | 1

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: